Kerajinan dari Tanah Liat

Belajar membuat kerajinan dari tanah liat/ tembikar  di Citra Alam Lakeside






Bermain tanah liat merupakan aktifitas yang menyenangkan, baik itu untuk anak – anak, remaja, dan bahkan juga pada orang dewasa. Bahkan walaupun kita menjadikannya pelajaran, ternyata itu tetap menjadi aktifitas yang asyik dan menyenangkan. Karena itu, kami menyebut aktifitas membentuk tanah liat dengan “bermain tanah liat”.

Tetapi selain menyenangkan, ternyata bermain tanah liat juga memiliki banyak sekali manfaat – manfaat yang sangat menakjubkan, terutama untuk perkembangan anak – anak anda. Dan kami telah menyimpulkan beberapa manfaat yang akan diterima oleh anda maupun anak – anak anda.

Mengembangkan Kemampuan Motorik & Imajinasi Anak.
Ketika anak mulai bermain tanah liat, anak akan membayangkan akan ia jadikan bentuk apa tanah liat itu dan ketika anak sudah mengetahui tanah liatnya akan dibentuk menjadi apa, maka biasanya akan segera menrealisasikannya, tetapi untuk membentuk tanah liat menjadi obyek yang diinginkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan anak, seperti memutar, menggulung, mencubit, menekuk dan menghaluskan tanah liat.
Dan rupanya hal itu membuat kemampuan motorik dan kreatifitas anak menjadi semakin berkembang, karena itu tanah liat merupakan media yang tepat untuk mengembangkan kemampuan imajinasi, motorik & kreatifitas anak.

Membuat Anak Anda Lebih Pintar
Ketika anak bermain tanah liat, biasanya mereka akan membentuk tanah liat menjadi obyek yang diinginkan, tetapi anak tidak bisa selalu mendapatkan bentuk yang mereka inginkan, jika itu terjadi mereka akan bereksperimen dengan membuat berbagai macam bentuk dan cara, untuk mendapatkan bentuk yang mereka inginkan.

Dan ketika anak sedang bereksperiment, beberapa kemampuan kognitif anak ikut berperan didalamnya, seperti kemampuan trouble solving (memecahkan masalah) dan konsentrasi, dan hal itu membuat kemampuan kognitif anak semaking berkembang. Kemampuan kognitif hampir sama seperti IQ, semakin tinggi tingkatnya, maka anak juga akan semakin pintar, yang membedakannya dengan IQ, bila IQ lebih mengarah kepada kemampuan mengingat, kemampuan kognitif lebih mengarah pada kemampuan berfikir, untuk mengelola dan memecahkan masalah. Selain itu kemampuan kognitif juga akan semakin meningkat bila terus digunakan dengan teratur.

Karena itu tanah liat sangat direkomendasikan untuk membantu anak anda menjadi lebih pintar dan kreatif.

Kegiatan Alternatif
Bermain tanah liat merupakan aktifitas yang seru dan menyenangkan bagi anak, remaja, dan bahkan juga pada orangtua. Karena itu bermain tanah liat juga dapat digunakan untuk sarana bermain anak anda di rumah, karena selain simple, dan juga mengembangkan kemampuan – kemampuan anak, bermain tanah liat berdua dengan anak, juga akan mengakrabkan hubungan anda dengan anak, karena itu tanah liat dapat menjadi sarana alternatif untuk kegiatan anda dirumah.

Tetapi bila anda menginginkan suasana yang berbeda, anda juga bisa mengajak anak anda belajar membuat keramik dari tanah liat sambil berekreasi dengan nuansa pegunungan di unit Citra Alam River Side (Bogor), maupun di Citra Alam LakeSide (Situ Gintung) dengan suasana hutan pinus yang segar.

sumber: http://rumahtanahliatcitra.com/manfaat-tanah-liat/

Comments

Popular Posts