Contoh Surat Keterangan Lulus Pendidikan Kesetaraan

Penerbitan ijazah pendidikan kesetaraan biasanya memakan waktu lama sejak diumumkan hasil kelulusan. Peserta didik akan mengalami hambatan untuk masuk jenjang pendidikan berikutnya atau untuk memasuki dunia kerja yang membutuhkan ijazah. Oleh karena itu Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) atau Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) perlu menerbitkan surat keterangan lulus.
Surat keterangan lulus diterbitkan oleh satuan pendidikan asal. Bukan oleh satuan pendidikan terakreditasi penyelenggara ujian nasional. Hal ini sejalan dengan ketentuan bahwa yang menetapkan kelulusan adalah satuan pendidikan yang bersangkutan (pasal 18 ayat 2 Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017). Berdasarkan ketentuan tersebut ijazah ditandatangani oleh satuan pendidikan yang bersangkutan, demikian pula halnya dengan surat keterangan lulus.
Surat keterangan lulus dibuat setelah satuan pendidikan melakukan penetapan kelulusan. Penetapan kelulusan dituangkan dalam berita acara atau surat keputusan yang ditandatangani oleh Ketua PKBM atau Kepala SKB. Dengan demikian surat keterangan lulus memiliki dasar hukum yang kuat.
Surat keterangan lulus wajib mencantumkan nama, tempat tanggal lahir, nomor induk, nama orang tua, NISN, alamat peserta didik, nama satuan pendidikan penyelengara ujian nasional dan daftar nilai ujian nasional. Pencatuman nilai ujian nasional ini menjadi penting karena adanya persyaratan mencantumkan nilai ujian nasional untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Untuk mendapatkan contoh surat keterangan lulus pendidikan kesetaraan dapat diunduh pada pranala (link) ini.
Untuk mengetahui prosedur penentukan kelulusan dapat klik pranala ini.[fauziep]

Comments

Popular Posts