Kurikulum KTSP Kejar Paket B (SMP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
A. Latar
Belakang
Pendidikan nonformal adalah jalur
pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur
dan berjenjang. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang
memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan
atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendudung pendidikan sepanjang
hayat. Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam disempurnakan untuk meningkatkan mutu
pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam secara nasional. Saat ini kesejahteraan bangsa
tidak hanya bergantung pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik,
tetapi bersumber pada modal intelektual, sosial dan kepercayaan (kredibilitas).
Dengan demikian tuntutan untuk terus
menerus memutakhirkan Ilmu Pengetahuan Alam menjadi suatu keharusan. Pengembangan
kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam merespon secara proaktif berbagai perkembangan
informasi. Ilmu pengetahuan, dan tehnologi, sera tuntutan desenteralisasi.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan
keterkaitan (relevansi) program pembelajaran dengan keadaan dan kebutuhan
setempat. Kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam menjamin pertumbuhan keimanan dan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, penguasaan kecakapan hidup, penguasaan
perinsip prinsip alam, kemampuaan bekerja dan bersikap ilmiah sekaligus pengembangan
kepribadian Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia. Pendekatan yang digunakan
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berorentasi pada peserta didik, oleh
karena itu memperkaya pengalaman belajar peserta didik sangat ditekankan.
Pengalaman belajar diperoleh melalui serangkaian kegiatan untuk mengeksplorasi
lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, dan nara sumber
lain. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cara mencari tahu tentang alam
secara sistimatik untuk menguasai pengetahuan, fakta fakta, konsep konsep,
proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
pada program Paket B bermanfaat bagi peserta didik untuk mempelajari diri
sendiri dan alam sekitar. Oleh karena itu, pendekatan yang diterapkan dalam
menyajikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah memadukan antara
pengalaman proses Ilmu Pengetahuan Alam dan pemahaman produk Ilmu Pengetahuan
Alam dalam bentuk pengalaman langsung.
Hal ini juga sesuai dengan karakteristik
peserta didik program Paket B yang memerlukan pengalaman kongkrit dan
keterampilan belajar untuk menerapkan konsep IPA, berpikir, dan bersikap ilmiah
dalam kehidupan sehari hari.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menekankan pada
pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan
kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar
secara ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam diarahkan untuk āmencari tahuā
dan āberbuatā sehingga dapat membantu peserta didik untuk memproleh pemahaman
yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
B. Tujuan
Mata Pelajaran.
Tujuan mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Paket B sebagai berikut :
1. Mengembangkan
keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,
keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.X
2. Memberikan
pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, prinsip dan konsep Ilmu
Pengetahuan Alam serta keterkaitannya dengan lingkungan, tehnologi, dan
masyarakat.
3. Mengembangkan
rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadapadanya hubungan yang
saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4. Meningkatkan
kesadaran untuk memelihara dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
5. Memberikan
bekal pengetahuan dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. .
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Paket B meliputi:
1. Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan.
2. Materi dan Sifatnya..
3. Energi dan Perubahannya.
4. Bumi dan Alam Semesta.
D. Standar Kompetensi
Lulusan Mata Pelajaran
1.Melakukan
pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai
prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang
sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis
sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2.Memahami
keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri,
cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di
dalam ekosistem.
3 Memahami
sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidupS
4. Memahami
konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan
kegunaannya
5. Memahami
konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6. Memahami
sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
E. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan
peralatan
|
1.1 Mendeskripsikan
besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2 Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
1.3 Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan
indikator yang tepat
2.2 Melakukan
percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan
sehari-hari
2.3 Menjelaskan
nama unsur dan rumus kimia sederhana
2.4 Membandingkan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
3. Memahami
wujud zat dan perubahannya
|
3.1 Menyelidiki
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan
konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Melakukan
percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat
dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami
berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
|
4.1 Membandingkan
sifat fisika dan sifat kimia zat
4.2 Melakukan
pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat
kimia
4.3 Menyimpulkan
perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4 Mengidentifikasi
terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
|
5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.1 Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam biotik dan a-biotik
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan
dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
5.3 Menggunakan
mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala
kehidupan
5.4 Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
6. Memahami
keanekara-gaman makhluk hidup
|
6.1 Mengidentifikasi
ciriĀ-ciri makhluk hidup
6.2 Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan
ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi
pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi
pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Memahamiberbagai
sistem dalam kehidupan manusia
|
8.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
8.2 Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia
8.3 Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
8.4 Mendeskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
8.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
8.6 Mendeskripsikan
sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
9. Memahami
sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
9.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
9.2 Mendeskripsikan
proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
9.3 Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
9.4 Mengidentifikasi
hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari
|
10. Menjelaskan
konsep partikel materi
|
10.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
10.2 Menghubungkan
konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
10.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
11. Memahami
kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
11.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari
11.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek
samping bahan kimia
11.3 Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
11.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
11.5 Menghindarkan
diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
||
12. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
12.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
12.2 Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
12.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip āusaha dan energiā serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
12.4 Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
12.5 Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
13. Memahami
konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi
sehari-hari
|
13.1 Mendeskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
13.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
13.3 Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
13.4 Mendeskripsikan
alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
|
1.1 Mendeskripsikan
sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan
sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
1.3 Mendeskripsikan
sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan
perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan
konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan
proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
|
3. Memahami
konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis
percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan
hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami
konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki
gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja
beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
5. Memahami
sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan
karakteristik sistem tata surya
5.2 Mendeskripsikan
matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan
gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan
proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang
terkait dengan perubahan zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan
atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
|
F. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat kompetensi dibagi
ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang
ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang
kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian.
Download: Kurikulum KTSP Kejar Paket B (SMP)- Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Untuk pendaftaran sekolah paket ABC dan informasi lebih lanjut hub sekertariat PKBM Bina Insan Kamil Tangsel dengan ibu Yusnidar ( 0853-4140-6556)
Comments
Post a Comment